Jumat, 23 Mei 2014

SASARAN, STRATEGI, DAN MEKANISME PENDAMPINGAN

SASARAN, STRATEGI, DAN MEKANISME PENDAMPINGAN

A.  Sasaran Pendampingan
Sasaran pendampingan adalah guru mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, dan Sejarah Indonesia Kelas X pada 1021 SMK sasaran.

B.  Strategi Pendampingan
1.    Pertemuan awal, yaitu kegiatan pengkondisian, penjelasan tujuan, penyepakatan materi pendampingan, agenda kegiatan, serta informasi lain yang dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.    Pelaksanaan observasi lapangan, yaitu kegiatan pengamatan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, media dan alat bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta pelaksanaan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh pendamping kepada Guru Sasaran.
3.    Pembahasan hasil observasi, yaitu kegiatan pembahasan hasil observasi lapangan untuk mendiskusikan dan merumuskan langkah-langkah perbaikan.
4.   Perbaikan berdasarkan hasil observasi, yaitu kegiatan perbaikan yang dilakukan Guru Sasaran sebagai tindak tindak lanjut hasil diskusi pendamping dengan Guru Sasaran.
5.    Penyusunan laporan, yaitu kegiatan pendamping menyusun laporan proses dan hasil pendampingan.

C.  Mekanisme Pendampingan

1.   Pengorganisasian

Kegiatan pendampingan ini dikoordinasikan oleh Direktorat Pembinaan SMK dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja-sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota dan SMK Klaster.

2.  Tahapan Pendampingan

a.    Persiapan pendampingan
1)   Penyiapan bahan pendukung, misal: silabus, contoh RPP, contoh projek, contoh penilaian portofolio, contoh rapor, dll.
2)   Instrumen dan petunjuk pengisian yang terkait dengan pemahaman umum Guru Sasaran terhadap:
·     Buku teks pelajaran dan buku pedoman guru termasuk silabus,
·     Proses pembelajaran dan penilaian,
·     Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,
·     Pelaksanaan pembelajaran,
·     Pelaksanaan penilaian.
3)   Konsolidasi antara Guru Inti dan Guru Sasaran berkenaan dengan sasaran, materi, serta strategi pendampingan.

b.    Pelaksanaan Pendampingan
Pelaksanaan pendampingan dilakukan dalam bentuk kunjungan, observasi, diskusi klinis, dan perbaikan yang dilakukan oleh Guru Inti dan Guru Sasaran.

Pelaksanaan Tahap 1 (IN)
Pendampingan tahap 1 dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 yang mencakup kegiatan sebagai berikut:
-     Menggali keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan terhadap Kurikulum SMK 2013;
-     Mengkaji dan membimbing guru dalam menganalisis materi ajar, yang mencakup analisis buku guru dan buku siswa dilihat dari kesesuaian, kecukupan, dan kedalaman materi;
-     Mengkaji dan membimbing guru dalam menyusun program pembelajaran sesuai dengan konsep Kurikulum SMK 2013;
-     Menggali berbagai kendala berkenaan dengan konsep Kurikulum SMK 2013 dalam penyusunan program, pelaksanaan, dan evaluasi;
-     Memfasilitasi pemecahan masalah terkait dengan kendala yang dihadapi melalui konsultasi, pemberian informasi, mentoring, dan coaching, baik secara langsung maupun online.

Materi pendampingan tahap 1 mencakup:
-     Memberikan penguatan berkenaan dengan keyakinan dan penerimaan guru terhadap model program, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pada Kurikulum SMK 2013;
-     Melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran;
-     Memberikan layanan konsultasi, modelling, dan coaching berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran, baik secara langsung maupun online.



Pelaksanaan Tahap 2 (ON)
Pendampingan tahap 2 dilaksanakan pada bulan November 2013 yang mencakup kegiatan sebagai berikut:
-     Bersama Guru Sasaran melaksanakan refleksi terkait implementasi Kurikulum SMK 2013 untuk mengetahui apa yang masih dirasa sulit dalam implementasi Kurikulum SMK 2013;
-     Memberikan penguatan berkenaan dengan keyakinan dan penerimaan guru terhadap pendekatan, model, serta penilaian pembelajaran pada Kurikulum SMK 2013;
-     Melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran, berkenaan dengan penerapan scientifict, discovery learning, dan project based learning;
-     Memberikan layanan konsultasi, modelling, dan coaching berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran, baik secara langsung maupun online.

Pelaksanaan Tahap Akhir
-     Melaksanakan kegiatan lokakarya hasil pendampingan dan menyusun laporan pendampingan oleh masing-masing Guru Inti sesuai dengan sistematika yang terdapat pada lampiran;
-     Menyerahkan laporan hasil pendampingan kepada SMK Klaster dan Direktorat Pembinaan SMK.


3.  Waktu dan Tempat Pelaksanaan Pendampingan
Program pendampingan secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, mulai minggu pertama bulan Oktober 2013 dan berakhir pada minggu ketiga bulan Desember 2013. Pendampingan tatap muka langsung dilakukan sesuai dengan surat penugasan. Sedangkan pendampingan online dilakukan dalam batasan waktu pelaksanaan OJL (5 bulan), sesuai kesepakatan dan rambu-rambu antara pendamping dan yang didampingi. Tempat pelaksanaan pendampingan di lokasi sekolah sasaran untuk pendampingan langsung.

4.  Bentuk dan Teknik Pendampingan
     Kegiatan pendampingan dilakukan dalam bentuk tatap muka dan pendampingan secara online. Pendampingan dilakukan dengan mengunakan berbagai teknik yang relevan seperti konsultasi, penyampaian informasi, modeling, mentoring, dan coaching. Kegiatan secara online dilakukan dengan memanfaatkan berbagai perangkat teknologi informasi, seperti dalam bentuk email, telpon, atau pesan singkat (sms) kepada pendamping. Kegiatan pendampingan dilakukan pada saat kepala sekolah dan guru mengimplementasikan kurikulum di sekolah dan merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan In Service Learning, baik tahap I maupun tahap II.

5.  Evaluasi Pelaksanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013
Evaluasi kegiatan pendampingan dilakukan dengan menggunakan instrumen evaluasi keterlaksanaan pendampingan kepada peserta pendampingan. Materi evaluasi diarahkan pada terselenggaranya fasilitasi implementasi kurikulum, terhimpunnya kendala dan terhimpunnya upaya pemecahannya terhadap kendala yang dihadapi. Disamping itu evaluasi pelaksanaan pendampingan juga mengungkap respon peserta terhadap pelayanan dan keterampilan petugas pendamping dalam memberikan layanan pendampingan



Petunjuk teknis pendampingan ini digunakan oleh Direktorat Pembinaan SMK bersama Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan dalam melakukan kegiatan supervisi implementasi Kurikulum SMK 2013. Petunjuk pendampingan ini diharapkan dapat mempermudah dan memberi motivasi para Guru Inti serta pemangku kepentingkan lainnya untuk berkomunikasi dan menyeleraskan kagiatan pendampingan, yang pada gilirannya akan mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.

0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.