Rabu, 08 Juni 2016

Struktur Dan Kaidah Teks Laporan Hasil Observasi



Perhatikan Contoh Teks Laporan Observasi!
Khasiat Kunyit
Kunyit merupakan salah satu tanaman obat berkhasiat yang juga banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Nama ilmiah dari kunyit adalah Curcuma domestica. Tanaman obat ini memiliki warna kuning yang juga banyak dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Kunyit termasuk jenis tanaman obat atau rempah yang mudah ditemukan di pasar baik pasar tradisional maupun pasar modern.
          Kunyit juga kaya akan khasiat atau manfaat. Salah satu manfaat utama kunyit adalah untuk menguatkan daya ingat seseorang dan juga memperlambat kemungkinan datangnya penyakit “pikun” atau penurunan daya ingat seseorang. Penyakit ini juga umum disebut sebagai Alzhaimer. Alzhaimer memang umum terjadi pada seseorang yang telah memasuki usia tua. Akan tetapi, penyakit ini pun dapat menyerang siapa saja dikarenakan fungsi otaknya mengalami penurunan. Salah satu tanaman obat yang bisa membantu untuk menguatkan daya ingat otak adalah kunyit. Salah satu cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurnya sebagai bahan masakan. Cukup sering mengonsumsi makanan yang mengandung kunyit akan membantu menguatkan daya ingat seseorang.
          Khasiat kunyit lainnya adalah untuk kesehatan kulit. Ada beberapa masalah kesehatan kulit yang bisa diatasi dengan menggunakan kunyit. Pertama adalah jerawat. Jerawat timbul akibat kotoran dan juga bakteri yang tersumbat di dalam pori-pori kulit dan umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki kulit berminyak. Kunyit bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah jerawat ini. Kunyit bisa membantu untuk menyembuhkan jerawat serta membuat kulit tetap dalam keadaan bersih. Kedua adalah kulit kering. Kunyit juga bisa membantu melembabkan kulit yang kering, salah satu caranya adalah dengan menggunakan campuran kunyit dengan susu. Ketiga adalah masalah pigmentasi. Pigmentasi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti produksi dari pigmen melanin yang berlebihan dan terlalu sering terpapar sinar matahari. Kunyit dapat membantu mengurangi pigmentasi pada kulit bila digunakan secara teratur dan konsisten.
Mari Amati Strukturnya, ciri-ciri dan kaidah nya!
Hasil Analisis :
1. Teks laporan observasi tersebut memiliki struktur yang lengkap.
1. Definisi umum terdapat pada awal paragraf, yaitu kalimat yang menjelaskan apa itu kunyit.
2. Deskripsi bagian terdapat pada kalimat-kalimat selanjutnya yang menjelaskan ciri-ciri kunyit dan dimana saja kunyit dapat ditemukan.
3. Deskripsi manfaat terdapat pada paragraf 2 dan seterusnya yang menjelaskan aneka manfaat dari kunyit.
4. Beberapa karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi:
Teks observasi memiliki ciri-ciri yang terdiri dari ciri-ciri umum teks dan ciri-ciri kebahasaan. Kedua ciri-ciri teks observasi tersebut adalah sebagai berikut.
Ciri umum teks observasi:
4.1 Isi teks bersifat objektif dan tidak memihak.
4.2 Harus ditulis berdasarkan fakta yang terjadi pada saat pengamatan dilakukan.
4.3 Isi teks tidak mengandung hal-hal yang bersifat penyimpangan, dugaan-dugaan yang tidak tepat, atau juga pemihakan terhadap sesuatu.
4.4 Teks observasi disajikan dalam bentuk yang menarik, tata bahasa yang baik, susunan teksnya logis, dan isi dari teks berbobot dan berkualitas.
4.5 Isi teks harus ditulis secara lengkap dan sempurna.
5. Ciri kebahasaan teks observasi:
5.1 Kata kerja atau verba seperti duduk, memilih, dan menggunakan.
5.2 Kata benda atau nomina seperti besi, hewan, dan buku.
5.3 Frasa verbal seperti bisa digabungkan, sudah selesai, dan bisa dikelompokkan.
4. Frasa nomina seperti ayam petelur dan orang lemah.
5.5 Berbagai istilah atau kata yang umum digunakan pada satu bidang tertentu misalnya garpu tala dan destilasi.
5.6 Kalimat yang hanya menggunakan satu verba atau disebut kalimat simpleks seperti “Doni meminjam banyak buku dari perpustakaan”.
5.7 Kalimat yang menggunakan dua verba atau lebih yang disebut dengan kalimat kompleks seperti “Pengantar barang tersebut menaruh dan mencatat setiap barang di gudang”.
5.8 Kata penghubung atau konjungsi seperti atau, dan, ketika.
5.9 Persamaan kata atau sinonim seperti menjangkau = meraih.
5.10 Lawan kata atau antonim seperti peningkatan X penurunan.

TUGAS ANALISIS STRUKTUR TEKS LEPORAN HASIL OBSERVASI
Setelah mengamati contoh analisis Teks Laporan Hasil Observasi berjudul manfaat kunyit, bacalah contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang berjudul “SISTEM Peredaran Darah Manusia”, kemudian analisis struktur teksnya seperti contoh:
Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah,  dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.  Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi  golongan A, B, O, dan AB.  Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil.  Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram
(Diadaptasikan dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14).



0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.