SASARAN, STRATEGI, DAN MEKANISME PENDAMPINGAN
A.
Sasaran Pendampingan
Sasaran
pendampingan adalah guru mata pelajaran: Matematika,
Bahasa Indonesia, dan Sejarah Indonesia Kelas X pada 1021 SMK sasaran.
B. Strategi
Pendampingan
1.
Pertemuan awal, yaitu kegiatan pengkondisian, penjelasan tujuan,
penyepakatan materi pendampingan, agenda kegiatan, serta informasi lain yang
dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.
Pelaksanaan
observasi lapangan, yaitu
kegiatan pengamatan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, media dan alat
bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta pelaksanaan penilaian
pembelajaran yang dilakukan oleh pendamping kepada Guru Sasaran.
3.
Pembahasan
hasil observasi, yaitu
kegiatan pembahasan hasil observasi lapangan untuk mendiskusikan dan merumuskan
langkah-langkah perbaikan.
4.
Perbaikan
berdasarkan hasil observasi, yaitu
kegiatan perbaikan yang dilakukan Guru Sasaran sebagai tindak tindak lanjut
hasil diskusi pendamping dengan Guru Sasaran.
5.
Penyusunan
laporan, yaitu kegiatan pendamping
menyusun laporan proses dan hasil pendampingan.
C. Mekanisme Pendampingan
1. Pengorganisasian
Kegiatan
pendampingan ini dikoordinasikan oleh Direktorat Pembinaan SMK dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja-sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota
dan SMK Klaster.
2. Tahapan Pendampingan
a.
Persiapan
pendampingan
1)
Penyiapan
bahan pendukung, misal: silabus, contoh RPP, contoh projek, contoh penilaian
portofolio, contoh rapor, dll.
2)
Instrumen
dan petunjuk pengisian yang terkait dengan pemahaman umum Guru Sasaran
terhadap:
·
Buku teks
pelajaran dan buku pedoman guru termasuk silabus,
· Proses pembelajaran dan penilaian,
· Penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran,
· Pelaksanaan
pembelajaran,
· Pelaksanaan
penilaian.
3)
Konsolidasi antara Guru Inti dan Guru Sasaran berkenaan dengan sasaran,
materi, serta strategi pendampingan.
b.
Pelaksanaan Pendampingan
Pelaksanaan pendampingan dilakukan dalam bentuk kunjungan, observasi,
diskusi klinis, dan perbaikan yang dilakukan oleh Guru Inti dan Guru Sasaran.
Pelaksanaan Tahap 1 (IN)
Pendampingan tahap 1 dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 yang mencakup
kegiatan sebagai berikut:
-
Menggali keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan terhadap Kurikulum SMK 2013;
-
Mengkaji dan membimbing guru dalam menganalisis materi ajar, yang
mencakup analisis buku guru dan buku siswa dilihat dari kesesuaian, kecukupan,
dan kedalaman materi;
-
Mengkaji dan membimbing guru dalam menyusun program pembelajaran sesuai
dengan konsep Kurikulum SMK 2013;
-
Menggali berbagai kendala berkenaan dengan konsep Kurikulum SMK 2013
dalam penyusunan program, pelaksanaan, dan evaluasi;
-
Memfasilitasi pemecahan masalah terkait dengan kendala yang dihadapi
melalui konsultasi, pemberian informasi, mentoring,
dan coaching, baik secara langsung
maupun online.
Materi pendampingan tahap 1 mencakup:
-
Memberikan penguatan berkenaan dengan keyakinan dan penerimaan guru
terhadap model program, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pada Kurikulum
SMK 2013;
-
Melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran;
-
Memberikan layanan konsultasi, modelling,
dan coaching berkenaan dengan
pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran, baik secara langsung
maupun online.
Pelaksanaan Tahap 2 (ON)
Pendampingan tahap 2
dilaksanakan pada bulan November 2013 yang mencakup kegiatan sebagai berikut:
-
Bersama Guru Sasaran melaksanakan refleksi terkait implementasi Kurikulum
SMK 2013 untuk mengetahui apa yang masih dirasa sulit dalam implementasi Kurikulum
SMK 2013;
-
Memberikan penguatan berkenaan dengan keyakinan dan penerimaan guru
terhadap pendekatan, model, serta penilaian pembelajaran pada Kurikulum SMK 2013;
-
Melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran,
berkenaan dengan penerapan scientifict, discovery learning, dan project based
learning;
-
Memberikan layanan konsultasi, modelling,
dan coaching berkenaan dengan
pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan Guru Sasaran, baik secara langsung
maupun online.
Pelaksanaan Tahap Akhir
-
Melaksanakan kegiatan lokakarya hasil pendampingan dan menyusun laporan
pendampingan oleh
masing-masing Guru Inti sesuai dengan sistematika yang terdapat pada lampiran;
-
Menyerahkan laporan hasil pendampingan kepada SMK Klaster dan Direktorat
Pembinaan SMK.
3.
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Pendampingan
Program pendampingan secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, mulai minggu pertama
bulan Oktober 2013 dan berakhir pada
minggu ketiga bulan Desember 2013. Pendampingan tatap muka langsung
dilakukan sesuai dengan
surat
penugasan. Sedangkan pendampingan
online dilakukan dalam batasan waktu pelaksanaan OJL
(5 bulan),
sesuai kesepakatan dan rambu-rambu antara pendamping dan yang didampingi. Tempat
pelaksanaan pendampingan di lokasi sekolah sasaran untuk
pendampingan langsung.
4.
Bentuk dan
Teknik Pendampingan
Kegiatan pendampingan dilakukan dalam bentuk tatap muka
dan pendampingan secara online. Pendampingan
dilakukan dengan mengunakan berbagai teknik yang relevan seperti konsultasi, penyampaian
informasi, modeling, mentoring, dan coaching.
Kegiatan secara online
dilakukan dengan memanfaatkan berbagai perangkat teknologi
informasi, seperti dalam bentuk email, telpon, atau pesan singkat (sms) kepada
pendamping. Kegiatan pendampingan dilakukan pada
saat kepala sekolah dan guru mengimplementasikan kurikulum
di sekolah dan merupakan
kegiatan lanjutan dari kegiatan In Service
Learning, baik tahap I maupun
tahap II.
5.
Evaluasi Pelaksanaan Pendampingan Implementasi
Kurikulum 2013
Evaluasi kegiatan pendampingan
dilakukan dengan menggunakan
instrumen evaluasi
keterlaksanaan pendampingan kepada peserta
pendampingan. Materi evaluasi diarahkan pada terselenggaranya fasilitasi
implementasi kurikulum, terhimpunnya kendala dan terhimpunnya
upaya pemecahannya
terhadap kendala yang dihadapi. Disamping itu evaluasi
pelaksanaan pendampingan juga mengungkap respon
peserta terhadap pelayanan dan keterampilan petugas
pendamping dalam memberikan layanan pendampingan
Petunjuk teknis pendampingan ini digunakan oleh Direktorat
Pembinaan SMK bersama Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan
Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan dalam melakukan
kegiatan supervisi implementasi Kurikulum SMK 2013. Petunjuk pendampingan ini
diharapkan dapat mempermudah dan memberi motivasi para Guru Inti serta pemangku
kepentingkan lainnya untuk
berkomunikasi dan menyeleraskan kagiatan pendampingan, yang pada gilirannya
akan mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.
0 komentar:
Posting Komentar