Selasa, 16 Oktober 2012

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru 2

1.Jika seorang guru ingin mengajarkan pengetahuan dasar tentang alat ukur multimeter, rancanganpembelajaran yang manakahdaripilihandibawahini yang paling benar? A.Menyampaikaninformasitentangbagiandanfungsialatukurmultimetersecara visual dan verbal B.Menyampaikaninformasitentangbagiandanfungsialatukurmultimetersecara visual danmendemontrasikancaramenggunakanmultimeter C.Menyampaikaninformasitentangbagiandanfungsialatukurmultimetersecara visual dan verbaldanmendemontrasikancaramenggunakanmultimeter D.Menyampaikan informasitentangbagiandanfungsialatukurmultimetersecara visual danverbal sertamendemontrasikancaramenggunakanmultimeter 2.Pak lilik ingin mengajarkanketrampilanmenggunakanalatukur dial indicator untukmengukur diameter piston, rancanganpembelajaran yang manakahdaripilihandibawahini yang paling tepat ? A.mendemontrasikancaramenggunakanmultimeterMendemontrasikanlangkah demi langkahdanmemberiksnkesempatansiswauntukberlatihmengulanglangkah-langkahtersebut di kelas B.mendemontrasikancaramenggunakanmultimeterMendemontrasikanlangkah demi langkahdanmemberiksnkesempatansiswauntukberlatihmengulanglangkah-langkahtersebut dibengkel C.mendemontrasikancaramenggunakanmultimeterMendemontrasikanlangkah demi langkahdanmemberiksnkesempatansiswauntukberlatihdengansimulasi di kelas D.Memberikanpenjelasanpanjanglebarkepadasiswalangkah-langkahtersebutdengansimulasi media pembelajaran 3.Seandanya guru kesulitanuntukmenghadirkanalatukursebenarnya yang akandigunakansebagaimedia pembelajaran di kelas saran andauntuksolusitepat yang dapatdiambiloleh guru tersebutadalah.. A.menggunakan media animasidari internet B.Menggunakan media suaraberupapenjelasantentangalatukur C.Menggunakan media visual gambaranimasiatau film tentangalatukur D.Menggunakan media duadimensitentangalatukurdisertaipenjelasan verbal 4.Guru yang mengajar di SMK daerahdankesulitanmendapatkanbukureferensicetakdalampembelajaran di kelas. Pilihan yang tepatuntukmengatasikesulitan di atasialah…. A.Menggunakan media konvensional yang dibuatoleh guru sebisanya B.Menggunakanalatdanbahansebenarnyaseadanyadilingkungan C.Tidakmenggunakan media apapun, cukupdenganpenjelasan verbal D.Menggunakan media TIK yang bias diperolehmelalui internet 5.Seorang guru ditlat motor bensinkesulitanuntukmenjelaskancarakerja motor 4 langkahpadasaatterjadinya proses pembakaran di dalamsilinder, media pembelajaranapakah yang diperlukan agarpembelajaranefektif A.Menggunakan media wall chart berwarna B.Menggunakan media beruparekaman C.Menggunakan media berupa software animasi D.Menggunakan media potongangambarberseri 6.Pak Amir memotivasisiswanya yang sudahterampildan yang belumterampildalambidang motor bensinuntukterusbelajarbaik di sekolahmaupun di rumah, tindakanapa yang sebaiknyadilakukanolehpak Amir ? A.Mendorongpesertadidikuntukmelakukan proses belajarlanjut B.Mengajaksiswauntukbelajarlebihseriusuntukmenghadapi UNAS C.menghimbauuntukbelajarsecaratekundantidakmengenalwaktu D.mendoronguntukterusmengulang-ulangbelajar motor bensin 7.strategi untuk merangsang minatdan perhatian siswa dengan antara lain menggunakanmetodepembelajaran yang bervariasi, menggunakan media selipan humor untukpresentasi, menggunakanteknikbertanyamerupakankategorimotivasional A.perhatian B.relevansi C.kepercayaandiri D.kepuasandiri 8. AndiberbakatdalambidangototroniksedangkanIwanberbakatdalambidangsepeda motor.Denganmelihatbakatmereka, guru bias mengarahkanmerekajikasudah lulus nantiuntukmelanjutkansekolahdibidangtersebut. Tindakaninimerupakantindakan.. A.Mengajakkeduasiswamencaribeasiswa B.Mengajakkeduasiswauntukmelanjutkansekolah C.Membimbingsiswamengembangkanminatdanbakat D.Memberikandukunganpenuhkepadakeduasiswa 9.Pak Amir sudahlebihdarisepuluhtahinmengajardantelahmenguasaiberbagaistrategikomunikasi, dimanadalammengajarpelajarandisampaikansecaralisan, tulisandanperilaku. Manakan yang termasukmenginformasikanpelajaranmesinsecaralisan? A.Guru melakuakan model pembelajaranlangsung B.Guru menjelaskangambardanmemberikan LKS untukdikerjakan C.Guru membimbingsiswamenyusunlaporanpraktek D.Guru menulisdipapantulismengenaiuraianpelajaranmesin 10.Dari pilihanberikut, manakahtindakan yang dilakukanoleh guru dalammengkomunikasikanpelajaransecaratertulis di kelas? A.Membuatkanrangkumanpelajaran B.Membantusiswadalammengerjakantugas C.Menerangkanlaporanpraktekpadasiswa D.Menerangkanlembarmateripelajaran 11.seorang guru smkaakan mengajar kompetensi tune-up engine konvensional . untuk menentukan tingkat penguasaan kmpetensi awal kepada siswanya guru menanyakan adakah diantara kalian yang memiliki sertifikat keahlian tune-upnengine konvensional dan akan mengakuinya jika ada siswa yang telah memiliki sertifikat. Tindakan guru tersebut berarti menerapkan pendidikan berbasis kmpetensi pada aspek …. a. Validation of current competency b. Regconition of pnor learning c. Continuous recognition of learning d. spontaneous recognition of competency 12. Pak SUGOTO seorang guru mata diklat kejuruan ketikamengajar banyak siswa yang datang terlambat mengantuk dan saat dites banyak siswa yang tidak tuntas. Menurut analisa anda apa masalah kesulitan yang dialami oleh siswa a.minat belajar kurang b. metode pembelajaran yang kurang tepat c. motivasi belajar rendah d. materi sulit dipahami 13. menurut aplikasi teori belajar dari skiner, kesulitan pembelajaran bidang otomotif yang memiliki kompetensi agak komplek dapat diatasi dengan media belajar/sumber belajar yang paling cocok ialah a. Pengajaran berprogram b. pengajaran siswa aktif c. pengajaran interaktif d. pengajaran demonstrasi 14. guru mengajar dengan memberi kebebasan masing-masing siswa memilih obyek yang dipelajariny, maka guru tersebut menganut teori a. behavioristik b. konvergensi c. kognitif d. naturalistic 15. Mengajarkan kompetensi tune-up pada kendaraan roda 4 yang menyangkut 15 sub kompetensi yang sebagian harus berurutan atau prasyarat langkah berikutnya, akan sangat cocok melalui pendekatan pembelajaran menurut teori a.Koneksionisme dari thomdike b. Humanistic dari carl rogers c. Gestalt dari kurt kofka d. belajar keterampilan dari lan wienfield 16. Membuat kapan akhir menyimpulkan materi pelajaran memberi tugas yang jelas dan spesifik merupakan sebagian dari kegiatan-kegiatan pada pembelajaran di bengkel pada a. langkah persiapan b. langkah presentasion c. langkah aplikasi d. langkah tes 17. Yang manakah dari pilihan berikut merupakan metode pembelajaran yang paling efektif a. pak ahmad menggunakan metode demonstrasi untuk mengajarkan keterampilan prosedural kepada para siswanya b. pak baihaqi menggunakan metode ceramah untuk mengajarkan keterampilan memecahkan masalah kepada para siswanya c. pak chatib menggunakan metode diskusi untuk mengajarkan pengetahuan prosedural kepada para siswanya d. pak dasat menggunakan metode diskusi dan ceramah untuk megajarkan keterampilan-keterampilan procedural 18.Manakah tujuan pembelahjaran dengan format ABCD dan pilihan berikut ini merupakan yang paling tepat? A. Diberikan LKS smk siswa dapat merencanakan percobaan untuk menyelidiki pengaruh jumblah resistor yang dirangkai seri terhadap besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup sesuai dengan kunci LKS smk B. Siswa dapat merencanakan percobaan untuk menyelidiki pengaruh jumblah resistor yang dirangkai seri terhadap besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup sesuai dengan kunci LKS smk C. Siswa dapat merencanakan percobaan untuk menyelidiki pengaruh jumblah resistor yang dirangkai seri terhadap besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup D. Diberikan LKS smk siswa dapat merencanakan percobaan untuk menyelidiki pengaruh jumblah resistor yang dirangkai seri terhadap besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup 19. Bila seorang guru akan mengajar teknik sepeda motor dengan kompetensi dasar menguasai Tune up maka materi manakah yang paling cocok ? A. Praktek Tune Up Sepeda Motor B. Teori Tune UP Sepeda Motor C. Perawatan Sepeda Motor D. Servise ringan Sepeda Motor 20. Penilaian yang didasarkan menurut peringkat skor siswa dalam satu kelas dan dikelompokkan berdasar kurva normal disebutdengan penilaian A. Penilaian acuan norma B. Penilaian acuan patokan C. Penilaian standar kelas D. Penilaian standar guru 21. Prinsip dasar yang digunakan proses kerja mesin freis (milling machine) adalah terlepasnya logam (geram) dari benda kerja oleh gerak dari: A. Gerakan potong dilakukan oleh benda kerja B. Menggosok menghaluskan dengan gesekan C. Pahat yang berputar memakan benda kerja. D. A dan C benar 22. Sebuah engine 4 tak 4 silinder dengan urutan pengapian 1- 3 – 4 – 2 . Jika silinder no 3 melakukan langkah usaha / kerja maka silinder nomer 1 sedang melakukan langkah: A. Buang B. Kompresi C. Isap D. Kerja/Usaha 23. Motor listriki secara umum ada dua macam yaitu motor listrik DC dan AC. Motor Listrik DC terdiri dari 3 jenis kecuali, A. Motor DC Seri B. Motor DC Shunt C. Motor DC Campuran D. Motor DC Sinkron 24. Wiring diagram dibawah ini adalah wiring dari sebuah system a. penagapian elektronik b. Penerangan c. Pengisian d. Starter 25. perawatan rutin peralatan perbaikan adalah sangat penting untuk dilakukan.salah satu tindakan perawatan rutin pada mesin bor duduk adalah dengan cara a. Melakukan penyetelan b. Memberi pelumasan c. Melakukan pengencangan d. Mengalibrasi 26. gambar berikut adalah sebuah jangka sorong dengan ketelitian 0,02mm.nilai yang ditunjukkan gambar dibawah ini adalah a. 46,42mm b. 45,40mm c. 45,54mm d. 44,40mm 26. sebuah multitester digunakan untuk mengukur suatu tegangan listrik pada jaringan rumah selector diset pada ACV 250 V.Hasil pengukuran adalah a. 7 volt b. 8.5 volt c. 35 volt d. 175 volt 27. Pak Ibnu melakukan hasil ulangan semester,dari tiap butir evaluasi tersebut kemudian dicari aspek yang membuatsebagianbesarsiswagagal.Kegiatan yang dilakukan pak Ibnu merupakan A. Menentukanbagianpembelajaran yang memerlukanperbaikan B. Memberipenguatanuntukmeningkatkanprestasisiswagagal C. Menetapkanmetode lain untukmemulaipembelajaranbaru D. Mendiagnosiskegagalan guru dalammemberikanpembelajaran 34. Dalam menulis butir soal perlu memperhatikan tingkat kognitif menurut Bloom yang secaraberurutadalah A.Pengetahuanpemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, danevaluasi B.Pengetahuanpemahaman, aplikasi, sintesis, analisis, danevaluasi C.Pengetahuanpemahaman, aplikasi, analisis,evaluasidansintesis D.Pengetahuanpemahaman, analisis,sintesis,evaluasidanaplikasi 28.Bagaimanakah langkah-langkah penerapan program remedial yang tepat di sekolah: A.Menganalisis hasil ulangan siswa ,menentukan aspek kelemahan dan pembelajaran , perencanaan dan pelaksanaan remidial B.Menganalisis hasil ulangan siswa, perencanaan dan pelaksanaan remidial dengan soal yang lebih muda sehingga siswa yang bersangkutan menjadi lulus C.Pengulangan langsung dengan memberikan tes dengan materi yang sama beberapa lama setelah tes D.Langsung dilaksanakan remidial semua siswa sekelas dengan soal yang sama 29.Seorang guru melakukan refleksi setelah mengajar dikelasnya dengan melakukankajian terhadap sisi kekuatan dan kelemahan pembelajaranya, Pernyataan berikut yang manakah yang dapat membimbing guru dalam melakukan refleksi yang terarah: A.Kemampuan apa yang dicapai oleh kelas B.Dengan cara apa saya meningkatkan prestasi C.Mengapa aktifitas siswa tidak meningkat D.Dengan siapa saya akan berkonsultasi 30.Dalam mengidentifikasi masalah dalam penelitihan tindakan kelas , masalah yang teridentifikasi kadang-kadang terlalu banyak sehingga guru harus menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali: A.Tingkat keseriusan masalah penelitian B.Kemampuan guru untuk menangani C.Kolaborasi dengan guru atau peneliti lain D.Komplek tidaknya masalah tersebut 31.Setelah menetapkan masalah PTK, guru perlu mngembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah guru dapat melakukan hal-hal sebagai berikut ,kecuali: A.Mengkaji teori yang relefan dengan masalah B.Menyusun langkah-langkah pemecahan masalah C.Memberi perlakuan ulang pada kelompok yang diamati D.Berkonsultasi dengan pakar pendidikan 32.Ditinjau dari bentuk rumah transmisi, berikut ini kontruksi rumah transmisi penggerak roda belakang, kecuali: A.Rumah belah B.Rumah utuh C.Plat perakitan D.Plat utuh 33. lubang kompensasi pada master silinder rem berada didepan seal primer, lubang tersebut sangat kecil agar tidak merusak seal, funsi lubang kompensasi adalahj: a. menghindari tekanan yang berlebihan saat terjadi pengereman b. mempercepat timbulnya tekana saat pengereman c. mengembalikan tekanan pada kondisi normal setelah terjadinya pengereman d. memudahkan membuang udara pada saat sistim kemasukan udara atau setelah perbaikan 34. Berikut adalah pernyataan yang paling benar dan penyebab masuknya udarakedalam sistim hidrolik rem yaitu: a. pengerman secara terus ,menerus sehingga panas b. pemakain cairan remyang terlalu lama c. adanya kebocoran pada saluran atau komponen seal silinder roda d. berkurangnya cairan di reservoirsmapai b atas dibawah minimum 35. ada beberapa jenis konstruksi steering gearboxberikut adalah jenis2tersebut, kecuali: a. worm and ball b.resirculating baal c. worm and roll d rack and pinion

0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.