Sabtu, 25 Januari 2014

Pengembangan Sumber Belajar



Bila kita ingin mencapai tujuan atau kompetensi belajar dengan baik; maka seharusnya setiap sekolah atau perguruan tinggi memiliki PSB atau paling tidak menjalankan fungsi-fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB) sebagai bagian integral dalam sistem pebelajarannya. Saat ini sudah banyak sekolah yang telah menjalankan fungsi-fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam penyelenggaran pembelajarannya, meskipun belum memiliki Pusat Sumber Belajar (PSB) secara kelembagaan. Ini artinya sebagian besar mereka telah menyadari betapa pentingnya peranan sumber belajar dalam pencapaian tujuan atau kompetensi belajar.  Dari 10 (sepuluh) wilayah di seluruh Indonesia dengan masing-masing wilayah diwakili 3 (tiga) sekolah SLTP atau SMA dengan fokus pada 5 komponen Pusat Sumber Belajar (PSB) diperoleh data sebagai berikut: 


NO.
Komponen PSB DAN KONDISI di Lapangan 
1
Penggunaan fasilitas atau fungsi-fungsi PSB dalam kegiatan mengajar guru. Sebagian besar (70%) sekolah telah menjalankan fungsi PSB, khususnya fungsi pelayanan yaitu pelayanan media pembelajaran bagi guru-guru 
2
Keberadaan PSB dalam struktur lembaga atau sekolah Hanya 15 % sekolah yang telah mencantumkan PSB dalam struktur sekolah atau lembaganya 
3
Ketersedian ruangan belajar yang dilengkapi fasilitas-fasilitas PSB Ada 60% sekolah telah memiliki ruangan yang dilengkapi dengan fasilitas PSB (disebut ruang audio-visual) 
4
Peralatan (hardware) media yang dimiliki sekolah. Hampir 90 % sekolah memiliki peralatan PSB, khususnya peralatan penampil seperti VCD dan Televisi 
5
Program / software pembelajaran yang dimiliki sekolah Lebih dari 70 % sekolah telah memiliki program-program VCD/ DVD pembelajaran Dari temuan-temuan di atas, prospek pengembangan PSB di setiap sekolah (khususnya SLTP dan SMA), sangat optimis. 

Hanya saja masih perlu ada sosialisasi secara terus menerus terhadap fungsi-fungsi PSB yang lain, sehingga keberadaannya ke depan bisa di lembagakan menjadi PSB yang memiliki struktur dan fungsi-fungsi yang seharusnya dimiliki oleh setiap PSB. Fungsi tersebut meliputi fungsi: Pengembangan Sistem Instruksional, Pelayanan Media Pembelajaran, Produksi, Pelatihan, dan Administrasi. 

Kesimpulan 

Dari uraian di atas secara umum peranan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam pencapaian kompetensi belajar dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Pusat Sumber Belajar adalah bagian integral dalam sistem pembelajaran, khususnya dalam pencapaian tujuan atau kompetensi belajar.

2. Setiap sekolah seharusnya memiliki Pusat Sumber Belajar (PSB) atau paling tidak menjalankan fungsi-fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam mengelola kegiatan pembelajarannya.

3. Prospek pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB) ke depan sangat optimis, karena sebagian besar sekolah telah menyadari peran Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam pencapaian tujan atau kompetensi belajar.

4. Perlu adanya sosialisasi terus-menerus kesetiap sekolah mengenai peran Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam pencapaian tujuan atau kompetensi belajar.

5. Bagi sekolah yang telah menjalankan fungsi-fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam mengelola kegiatan pembelajarannya tetapi belum memiliki PSB secara lembaga, perlu di bina agar kedepan memiliki Pusat Sumber Belajar (PSB) yang dilembagakan dan menjalankan fungsi-fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB) secara utuh.
( http://www.m-edukasi.web.id)

0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.