Jumat, 09 November 2012

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN(efeiensi dan efektivitas)

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN(efeiensi dan efektivitas)
DRS. H. ENDANG ABUTARYA, M.PD
KOORDINATOR PENGAWAS SMA/SMK DKI JAKARTA
TEN MEGA TREND
Thinking Development (Life Long Learning)
 Kita Akan Menuju:
1. Belajar melalui kehidupan kita
2. Belajar dalam organisasi, institusi, asosiasi, jaringan.
3. Belajar berfokus pada kebutuhan nyata 4. Belajar dengan seluruh kemampuan otak
5. Belajar bersama
 6. Belajar melalui multi media, teknologi, format, dan gaya .
7. Belajar langsung dari berpikir 8. Belajar melalui Pengajaran/pembelajaran
 9. Belajar melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat (atau lambat?) untuk membantu belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar
 10. Belajar bagaimana belaja PEMBELAJARAN, diarahkan untuk . .. .. . .. .
• Meningkatkan pemahaman dan memperbaiki proses belajar
 • Mendorong prakarsa belajar siswa
 • Mempreskripsikan strategi yang optimal
• Kondisi membelajarkan siswa simultan
 • Memudahkan proses internal yg belajar
• Menjadikan Belajar lebih efektif, efisien, dan menarik
PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN SEHARUSNYA
 • Merefleksikan tentang apa yang kita ketahui tentang bagaimana terjadinya proses belajar
• Belajar merupakan proses interaktif dan sistem yang kompleks
• Pemusatan belajar dapat menjadi luas dan interdisipliner
• Kurikulum memberi ruang kepada sikap, persepsi, dan kebiasaan mental dalam memfasilitasi belajar
 • Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa
 • Gunakan pengetahuan dan reasoning yg kompleks lebih bermakna dari pada menghafal informasi.
 TEORI BELAJAR
 


 
 



  Kondisi Pembelajaran
 • Tujuan Pembelajaran
• Karakteristik Mata Pelajaran
• Struktur Mata Pelajaran
• Tipe Isi
• Kendala
• Buku,Media, Waktu, personalia, dana
• Karakteristik pebelajar
• Bakat, motivasi, perilaku, kebiasaan, kemampuan awal, status sosek dsb.
METODE PEMBELAJARAN
• Strategi Pengorganisasian Isi
• Mikro
• Makro
• Strategi Penyampaian
• Media
• Interaksi pebelajar dengan media
• Bentuk/struktur pembelajaran
• Strategi Pengelolaan
• Penjadwalan
• Pembuatan catatan kemajuan bel.
• Pengelolaan Motivasi
• Kontrol belajar
  HASIL PEMBELAJARAN
• Keefektifan
• Kecermatan penguasaan perilaku
• Kecepatan unjuk kerja
• Kesesuaian dengan prosedur
• Kuantitas unjuk kerja
• Kualitas hasil akhir
• Tingkat alih belajar
• Tingkat retensi
• Efisiensi
• Waktu
• Personalia
• Sumber Belajar
• Daya tarik
• Keinginan untuk terus belajar
PEMBELAJARAN YG BERKUALITAS
• Memfasilitasi terjadinya belajar pada peserta didik, hasil belajar optimal sesuai dengan potensinya
• Bentuk fasilitasi adalah penyediaan sumber belajar
PENDIDIKAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
• Era teknologi informasi & komunikasi menyebabkan ketidakselarasan pendidikan dengan tuntutan kebutuhan siswa dan masa depan
• Penguasaan teknologi informasi & komunikasi menjadi literasi dasar (di samping baca-tulis-hitung)
• Sekolah/ pendidikan bukan lagi sebagai satu-satunya pangkalan ilmu pengetahuan
• Proses pendidikan bergeser dari pendekatan konvensional ke arah multi sumber
• Kesenjangan antara school knoledge dan out of school knowledge semakin lebar
Apakah para guru bisa menjadi manajer pembelajaran dengan menempatkan siswa menjadi klien, sama seperti klien pengacara atau profesi lain ?
PRAKTIKKAN SAJA
• Anda belajar berbicara dengan berbicara
• Anda belajar berjalan dengan berjalan
• Anda belajar stir mobil dengan berkendara
• Anda belajar mengetik dengan mengetik
• Anda belajar paling baik adalah dengan mempraktikkan
• Anda belajar memecahkan masalah dengan mempraktikkan memecahkan masalah
• Anda belajar menulis, dengan anda mempraktikan menulis.

0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.