Selasa, 28 Mei 2013

TENKNIK BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MERUPAKAN JENDELA PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN SISWA SEKALIGUS PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Teknik bertanya – jawab adalah satu wujud  dalam mengembangkan keterampilan belajar siswa dalam peningkatan keterampilan siswa bertanya dan menjawab.
Di samping itu menerampilkan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan merupakan dasar bagi program ‘ learning how to learn’ atau mempelajari  bagaimana seharusnya belajar dalam rangka memandirikan  siswa  meningkatkan kompetensinya. Pertanyaan guru yang efektif sebagai pembuka jendela  pengetahuan,  pemahaman, dan alat asah keterampilan. Keterampilan yang terasah meningkatkan kualitas pembelajaran  sehingga menguatkan modal dasar  keunggulan sekolah.
    Penguatan keterampilan memerlukan pengulangan dan pembiasaan yang difasilitasi oleh sekolah, dintindaklanjuti oleh guru, dan dikuasai oleh siswa.  Mengasah keterampilan siswa menggunakan kalimat tanya memicu rasa ingin  tashu dan memotivasi untuk menjawabnya. Pikiran siapa pun yang tergerak dengan pertanyaan bagai tombol ajaib yang menyalakan energi penggerak mesin  informasi.  Kecepatan sekolah dalam meningkatkan perhatian  terhadap peningkatan keterampilan guru dalam mengolah pertanyaan akan meningkatkan daya adaptasi terhadap perkembangan iptek. Kapasitas siswa belajar berkembang setara dengan daya guru dan siswa bertanya.
    Berlatih menyusun pertanyaan dan mengeksplorasi pikiran untuk merumuskan  jawaban perlu terus ditingkatkan kapasitasnya. Manakala  akan meningkatkan keterampilan siswa bertanya. Yang menjadi parhatian utama adalah bagaimana mengasah siswa menjawab pertanyaan tanpa memberi  kesempatan dan motivasi untuk bertanya. Maka hal itu menjadi salah satu penyebab siswa belajar pasif.  Oleh karena itu sekolah perlu menyeimbangkan perhatian pada usaha meningkatkan kemampuan guru mengembangkan keterampilan siswa bertanya dan menjawab secara terpadu sehingga pelatihan bertanya – jawab menyatu dalam sebuah teknik pembelajaran yang mampu mengkondisikan siswa aktif, kritis, dan kratif dalam mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang inovatif dan jawaban-jawaban yang logis.     Teknik semacam ini akan lebih efektif jika diteraplan setelah siswa mengikuti Kompeten Dasar mengungkapkan berbagai jenis pertanyaan dan teknik bertanya secara tertulis.  Hal tersebut akan memacu tumbuhnya rasa ingin tahu siswa jika  guru memiliki kemampuan guru bertanya yang efektif.  Jadi memicu tumbuhnya pertanyaan dengan menggunakan teknik bertanya..
    Pengembangan keterampilan siswa bertanya dengan pemicu pertanyaan guru memerlukan guru yang terlatih menggunakan pertanyaan.  Di bawah ini terdapat beberapa kiat guru bertanya. Kiat-kiat guru bertanya yang dirancang secara efektif professional akan dapat merangsang siswa untuk mampu menjawab atau berkomentar terhadap jawaban teman. Disamping itu guru dituntut mampu memoderatori kondisi aktif dan responsip dalam pembelajaran dengan teknik bertanya-jawab secara terpadu, yaitu:bertanya- jawab guru-siswa dan siswa - guru yang berlansung dengan lancar
*  Pertanyaan guru dengan intonasi yang tepat, penggunaan yang tepat, serta menggunakan teknik bertanya yang dibenarkan/dibakuakan akan menjadi model yang langsung bagi siswa yang telah termotivasi untuk bertanya itu.
Berikut ini beberapa contoh melatih ketrampilan bertanya dengan menggunakan teknik bertanya sebagai berikut.
*  Mengajukan pertanyaan dengan teknik menggunakan kata penanya. misalnya menggunakan kata apa, siapa, berapa, mengapa, mana di mana, ke mana, dari mana, bila, kapan, dsb yang dalam bahasa Inggris sering disebut dengan 5 w 1 h (what, who, where, where, why, dan how)
*  Mengajukan pertanyaan dengan teknik menggunakan intonasi Tanya, misalnya hanya dengahn menaikkan intonasi akhir nail berpeluk kalimat berita akan berubah menjadi kalimat Tanya.
*  Mengajukan pertanyaan dengan teknik menggunakan partikel penanya misalnya kah/tah contoh:
a.    tahukah pertanyaan Bapak tadi salah?.
b.    Hal itu sengaja Bapak lakukan kah?.
c.    Bisakan bapak member penjelas denga argumentasi logis?

dari bebera cantoh guru dalam menerapkan ketrampilan bertanya dengan menggunakan teknik bertanya akan secara langsung menjadi model bagi siswa dan sekaligus akan memicu siswa bertanya dengan teknik yang benar dan bervariasi.

0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.