Senin, 15 Oktober 2012

LATIHAN GAMBARAN DIRI

Latihan gambaran diri ini dimaksudkan untuk mengenal konsep diri seseorang, yaitu cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri seseorang akan mempengaruhi perilaku dia sehari-hari dalam segala aspek kehidupannya, termasuk dalam aktivitas belajarnya. Latihan gambaran diri kali ini dikhususkan bagi para peserta sebagai insan profesional. Tujuan latihan ini untuk membantu peserta dalam memperoleh gambaran dirinya, khususnya yang berkaitan dengan aktivitasnya. 
Latihan 1 : Latihan ini dilaksanakan dalam kelompok kecil (anggota kelompok 4-6 orang). Waktu yang diperlukan 10 menit. Di bawah ini terdapat sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan akademik dan diri Anda. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan spontan, beri penjelasan secara singkat dan jelas. Tulis jawaban Anda pada lembar kertas yang telah disediakan. (1)Tujuan dalam bekerja. —Apakan anda mempunyai tujuan tertentu yang dapat mengarahkan tugas anda? —Apakah anda mempunyai suatu target dalam bekerja? —Apakan tujuan anda sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat anda? (2)Kesadaran atas realitas —Apakah tujuan bekerja anda didasarkan pada kemampuan dan keadaan lingkungan anda atau berdasarkan bayangan yang tidak nyata? —Apakan anda lebih suka merenung atau sebaliknya senang menyibukkan diri dalam melaksanakan tugas? (3)Prestasi Kerja —Di mana kedudukan/posisi anda dibandingkan dengan teman-teman anda? —Apakah anda merasa puas dengan prestasi kerja yang anda peroleh saat ini? Mengapa? —Adakah faktor yang mempengaruhi tugas anda? Sebutkan! —Adakah faktor yang menghambat tugas anda? Sebutkan! (4)Kondisi emosi —Apakah anda cenderung bersikap hangat, dingin, apatis, berubah-ubah terhadap seseorang ataupun kejadian di sekeliling anda? —Apakah anda merasa senang menekuni bidang karir anda sekarang ini atau sebaliknya? —Apakan anda merasa PD (percaya diri)? Atau cenderung kurang percaya diri? —Apakah anda menghargai diri anda sendiri? —Apakah anda peka terhadap perasaan orang lain? (5)Kekhawatiran dan tekanan-tekanan —Apakah anda sering merasa kesepian? —Apakah anda mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi anggota kelompok tertentu dan ingin diterima mereka? —Apakah suasana hati anda mudah berubah-ubah? —Apakah anda mempunyai rasa khawatir, takut bersalah atau tekanan-tekanan yang lain yang tak dapat diterangkan? —Apakah anda mampu menghadapi kesulitan dan bahaya dengan jujur dan berbuat sesuatu untuk mengatasinya? —Apakah anda cenderung menganggap segala sesuatu itu enteng dan bisa diatur serta menghindari situasi yang sulit? 
 (6)Sejauh mana Anda dapat mengarahkan diri? 
—Dapatkah anda mengarahkan energi anda untuk melakukan sesuatu kegiatan yang sudah direncanakan? —Apakah anda menyerah apabila menemui sebuah kesulitan atau hambatan? —Apakah anda cenderung kaku dan tidak fleksibel? Setelah anda selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan anda di atas, lanjutkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini: 
(a)Dalam kegiatan profesional, seperti apakah saya sekarang ini? 
(b)Menurut orang lain seperti apakah saya ini? 
(c)Seperti apakan saya pada waktu mendatang? 

 Latihan 2 : 
Setelah anda selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka kegiatan berikutnya, setiap anggota kelompok mengemukakan dalam kelompoknya tentang gambaran dirinya (hasil latihan 1). Pada waktu seorang anggota kelompok mengemukakan gambaran dirinya, maka anggota yang lain mendengarkan dan memperhatikan. Setelah selesai, berikutnya anggota kelompok yang lain memberi balikan, seperti apakah anggota kelompok yang baru saja mengemukakan dirinya? 
Seperti apakah dia pada waktu yang akan datang? Demikian seterusnya hingga semua anggota kelompok giliran. Perlu diperhatikan, dalam memberikan balikan tidak diperkenankan memberikan penilaian. 

MENGENAL DIRI MEMBUKA DIRI : 
Berikan penilaian anda tentang diri anda, yang mengindikasikan seberapa besar anda ingin/ bersedia mengungkaokan diri anda. Penilaian bergerak dari score 1 sampai 6. Score 1 mengindikasikan bahwa anda tidak ingin dan tidak bersedia mengungkapkan apapun tentang diri anda, dan Score 6 mengindikasikan bahwa anda mau dan bersedia mengungkapkan segala sesuatu tentang diri anda. Kesediaan saya untuk mengungkapkan :
1.Tujuan hidup saya . . . . . . .
2.Kekuatan/ kelebihan yang saya miliki . . . . . . .
3.Kekurangan/ kelemahan yang saya miliki . . . . . . .
4.Perasaan-perasaan positif saya . . . . . . .
5.Perasaan –perasaan negatif saya . . . . . . .
6.Sistem nilai yang saya anut . . . . . . .
7.Ide-ide/ gagasan saya . . . . . . .
8.Keyakinan saya tentang sesuatu . . . . . . .
9.Ketakutan dan ketidak yakinan saya . . . . . . .
10.Kesalahan kekeliruan saya . . . . . . .
Jumlah . . . . . . .


MENERIMA UMPAN BALIK
              Berikan penilaian anda tentang sejauh mana anda bersedia menerima umpan balik “feed back”. Penilaian bergerak dari 1 sampai 6. Score 1 mengindikasikan bahwa anda menolak umpan balik, dan Score 6 mengindikasikan bahwa anda secara konsisten terdorong mencari umpan balik. Keadaan saya menerima umpan balik tentang :
1.Tujuan hidup saya . . . . . . .
2.Kekuatan/ kelebihan yang saya miliki . . . . . . .
3.Kekurangan/ kelemahan yang saya miliki . . . . . . .
4.Perasaan-perasaan positif saya . . . . . . .
5.Perasaan –perasaan negatif saya . . . . . . .
6.Sistem nilai yang saya anut . . . . . . .
7.Ide-ide/ gagasan saya . . . . . . .
8.Keyakinan saya tentang sesuatu . . . . . . .
9.Ketakutan dan ketidak yakinan saya . . . . . . .
10.Kesalahan kekeliruan saya . . . . . . . 
 Jumlah . . . . . . .

0 komentar:

Posting Komentar

About star!kurikulum smk 2013!

Diberdayakan oleh Blogger.